Ratusan Kades Coba Terobos Pagar Depdagri


Jakarta – Kesal berjam-jam tak ditemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Ma’ruf, sekitar pukul 16.00 WIB, ratusan kepala desa yang berunjuk rasa di Departemen Dalam Negeri (Depdagri) memaksa masuk gedung Depdagri. Mereka saling dorong dengan puluhan polisi. “Kita sudah menunggu selama dua hari, mana Mendagrinya? Kita ingin ditemui,” kata seorang pengunjuk rasa dengan penuh emosi tepat di depan pagar Depdagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (19/9/2006).

Polisi terus membujuk agar massa kembali tenang dan tidak melakukan perbuatan anarkis. Berulangkali polisi harus menyerukan seruan-seruan agar massa tenang. Namun rombongan Kades ini tidak mau begitu saja mendengar seruan polisi. Mereka tetap merangsek maju. Beberapa di antaranya bahkan terus berteriak-teriak histeris. “Tolong kami diterima! Kami ingin menyampaikan aspirasi kami!” kata tokoh Persatuan Kepala Desa dan Perangkat Desa Nusantara (Parade Nusantara), Suryokoco dengan penuh emosi.

Namun polisi tetap bersikukuh melarang para kades masuk. Polisi mengatakan, sampai saat ini Mendagri masih rapat dengan Menko Polkam dan belum kembali ke kantor. Beruntung tidak semua demonstran ikut emosional. Banyak di antara mereka justru sibuk menenangkan rekan-rekannya. Sampai akhirnya, massa bisa mengendalikan diri kembali. “Oke kami menunggu untuk yang terakhir kali sampai pukul 17.00 WIB. Mohon kami dimaklumi, 86 (dimengerti) Pak Polisi,” kata salah seorang demonstran dari atas sebuah mobil. Polisi hanya tersenyum mendengar hal itu. Pukul 16.30 WIB, massa Parade Nusantara sudah tenang kembali. Beberapa orang dari mereka tampak berbicara serius dengan pihak kepolisian. (djo/asy / detiknews.com / 19/09/2006 )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s