Dideklarasikan, Relawan SBY Disemprit


SEMARANG- Setelah capres Salahuddin Wahid bakal dilaporkan ke polisi, giliran kelompok ”Relawan SBY” yang ”disemprit” Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kota Semarang. Langkah Panwas Pemilu Kota itu, dilakukan saat peresmian Sekretariat Wilayah Jawa Tengah Gerakan Masyarakat Pemilih ”Relawan SBY” di Jl Soekarno-Hatta 59 Semarang, Kamis (27/5).

Seusai kegiatan tersebut, Heni Widodo, Kepala Bidang Pengawasan Sekretariat Panwas Kota Semarang didampingi Panwas Kecamatan Pedurungan, Iptu Endang kepada wartawan menyatakan, dirinya mendapat tugas mengawasi kegiatan tersebut.

Kegiatan peresmian sekretariat ”Relawan SBY” itu, ditengarai mengandung unsur pencurian start kampanye. Indikasinya, kata dia, ada pemasangan spanduk serta poster capres Susilo Bambang Yudhoyono di sekitar lokasi. Dia juga menanyakan kepada panitia, menyangkut izin acara tersebut dari Panwas Pemilu.

Ketua Harian Relawan SBY, Surjokotjo SE mengemukakan, acara tersebut tidak izin dari Panwas Pemilu, tetapi kepada Polwiltabes Semarang. Sebab, kegiatan itu bukan merupakan kampanye capres-cawapres tertentu. ”Kegiatan itu juga bukan dari tim sukses SBY, karena murni aspirasi masyarakat,” katanya.

Meski demikian, dia menyatakan kesiapannya apabila diundang oleh Panwas Kota untuk diklarifikasi masalah kegiatan yang dituding mencuri start itu.

Menyangkut pemasangan poster SBY, dia mengungkapkan, poster itu hanya dipasang di lingkungan sendiri. Kegiatan itu juga tak menyebarkan selebaran atau poster yang berisi ajakan untuk mencoblos capres-cawapres tertentu. Spanduk dan poster yang terpasang tersebut, seusai acara juga segera diturunkan.

”Kami siap bila dipanggil oleh Panwas untuk mengklarifikasi masalah itu,” tandasnya.

Kegiatan itu, dihadiri beberapa tokoh politik seperti Ketua DPRD Jateng Mardijo, Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Jateng Soejatno SW, dan anggota Komisi A DPRD Jateng Azis Kristanto, serta perwakilan dari Pemprov Jateng yang melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya sekretariat itu.

Surjokotjo menuturkan, Relawan SBY tidak memiliki kaitan langsung secara struktural institusional dengan parpol tertentu atau tim sukses. (G1-83a / suaramerdeka / 20/05/2004 )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s